SEMINAR PC MODDING AND DESIGN GAMES

Selasa, 08 September 2009 | |

Bpk.David Tjahjadi (Channel platform manager, intel Indonesia)


Saat ini Intel memiliki 3 jenis processor, yaitu :

  1. Atom

· Untuk basic computing PC.

· Processor intel terkecil yang terbuat dari transistor berukuran paling kecil didunia saat ini.

· Arsitektur yang hemat daya untuk komputer dasar.

· Dibuat menggunakan teknologi proses 45nm, Hi-K metal gate. Pertama di industri semikonduktor.

· Memungkinkan komputer perangkat komputer dengan:

o Harga terjangkau

o Pemakaian daya yang rendah

o Kinerja yang cukup baik untuk pemakaian sehari-hari.

· Platform :

o Mobile Internet Device.

o Netbook.

o Nettop.

· Kecil, Ringkas, Hemat Daya, Simple, dan Ringan.

· Contoh :

o Atom 230

Daya : 2-4 watt.

Frekuensi : 1,6 GHz.

Ukuran : 22mm x 22mm x 1,6 mm (height)

1 core 2threads.

o Atom Z500

Daya : 1,5 watt.

Digunakan untuk mobile internet devices, keunggulan lebih dari PDA.

Memungkinkan perangkat komputer dengan harga yang terjangkau,

pemakaian daya yang rendah dan kinerja cukup baik.

  1. Core

Biasa digunakan untuk Desktop, Multimedia Content, dibuat dalam LCD 5” –

7”, terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

· Core i7

Arsitektur : Nehalem (highend)

Penggunaan : Design

Core : 4/8

· Core 2 Quad

Arsitektur : Core 2

Penggunaan : Multimedia PC, gaming PC

Core : 4/4

· Core 2 Duo

Arsitektur : Core 2

Penggunaan : Multimedia PC

Core : 2/4

· Intel pentium

Arsitektur : Core 2

Penggunaan : Basic

Core : 2/2

· Celeron

  1. Pentium

Biasa digunakan untuk keperluan Desktop.

Bpk. Dedi Irvan (Kepala Lab majalah CHIP)

CHIP adalah sebuah majalah yang bergelut di Informasi IT yang berasal dari franchise Germany, telah berdiri sejak tahun 1978, dan baru berdiri di Indonesia pada tahun 1997. Pengujian sendiri baru dimulai ditahun 2000.

1. Notebook VS Desktop

Notebook

· Kelebihan :

o Kian terjangkau.

o Kinerja semakin baik .

o Bisa dibawa / dipindahkan.

o Layanan purna jual.

o Bergaya / gengsi?.

· Kekurangan :

o Untuk harga yang sama, kinerja masih dibawah desktop

o Tidak mudah upgrade..

o Model dan spesifikasi bergantung pada produsen.

o Layar kecil.

Desktop

· Kelebihan :

o Bisa di upgrade sesuka hati.

o Spesifikasi bisa sangat besar.

o Bisa dimodifiksai sesuka hati.

o Dari segi pemakaian lebih nyaman antara posisi duduk, jarak mata ke

layar dan posisi tangan dengan keyboard atau mouse.

· Kekurangan :

o Susah dibawa kemana-mana.

o Purna jual Susah.

o Ergonomic ( layar dengan monitor harus terpisah ).

o Tidak populer karena cash layout biasa.

2. Motherboard

· Basis dasar.

· Jenis-jenis soket yang digunakan.

3. Processor

· Otak PC.

· Perform sangat beragam tergantung jumlah core, kecepatan, cache, teknologi.

4. RAM

· Penampung data untuk di eksekusi di processor.

· Umumnya, makin besar kapasitasnya makin baik.

· Kinerja bergantung pada frekuensi, jumlah channel, dan latency.

5. VGA (Graphic Card)

· Pada dasarnya berfunsi untuk menampilkan gambat ke layar.

· Kini juga berfungsi untuk mengakselerasi game 3D dan Video dengan kapasitas tinggi.

· Kinerja tergantung pada teknologi, frekuensi,dan ukuran memory.

6. Hard disk

· Menampung OS, aplikasi, data.

· Kinerja bergantung pada teknologi, rpm, buffer.

· Kapasitas menentukan daya tampung.

7. Power supply

· Memasok daya.

· Perhitungan watt selalu kuat.

8. Monitor

· Resolusi terbaik, max.

· Ratio.


Bpk. Edy syahputra (Robotic untar)

Robot merupakan gabungan elektro, mekanika, dan AI.

Aplikasi robot biasa digunakan dalam bidang militer, kedokteran, industri, hiburan atau entertainment, rumah tangga.

Biasa alat yang digunakan sebagai otak dari robot adalah IC TTL atau IC Mikrokontroler.

Dimana didalam IC tercebut terjadi proses ALU, yang melakukan proses kalkulasi matematik, dan membutuhkan interfacing.

Analogi Robot VS Manusia :



Dalam pembuatan robot terdapat beberapa ilmu yang harus dikuasai yaitu :

Dasar Elektronika, Rangkaian Listrik, Sistem Mikro, Sistem cerdas, Arsitektur Sistem komputer, Perancangan Berbasis Komputer, Teknik Interfacing.


Bpk. Candra (Cartix Studio)

Tema : Games design

Dalam proses pembuatan game, ada langkah – langkah awal yang harus dipersiapakan, antara lain:

  • Story
  • Concept
  • Prototype
  • Creating game asset
  • Game testing
  • Bug fixing
  • Final touch

Tidak hanya itu, untuk menjadi seorang pembuat game, ada beberapa syarat yang harus kita miliki sebelum men-create sebuah game, seperti :

  • Concept Artist
  • Modeler (Char, Vehicle, Background, High Resolution).
  • Texture Artist
  • Animator
  • Lighting Artist / Rigger (Occasionally).

Bpk.Joko Hartanto ( Pemimpin Redaksi Majalah Concept )

Tema : Good Design

Salah satu vendor yang bernama Apple pernah memberikan inspirasi kepada seorang tokoh yang bernama Dieter Rams. Dimana sang tokoh tersebut, mengeluarkan beberapa filosofi mengenai apakah itu Good design, diantaranya :

  • Good design is innovative
  • Good design makes a product useful
  • Good design is Aesthetic / estetik
  • Good design makes a product understandable
  • Good design is Honest
  • Good design is Unobstructive
  • Good design is Long Lasting
  • Good design is Conssequent to the last detail
  • Good design is Concerned environtment and humanity
  • Good design is as little design as possible

Good Design juga melihat dari user-nya dan yang lebih luas lagi melihat society dan humanity.




0 comments:

Posting Komentar